MANAJEMEN CITRA DIRI PENDEKATAN PERBANDINGAN SOSIAL KE ATAS DAN SALAH PRESENTASI DIRI

Penulis

  • Adi Suwarno STMIK Mardira Indonesia
  • Solihin STMIK Mardira Indonesia
  • RR. Isni Anisah Puspowati Harori STMIK Mardira Indonesia

Kata Kunci:

TPI, Presentasi Diri, Media Sosial, Posting

Abstrak

Pengguna media sosial sering kali mendapatkan banyak kendala dengan banyaknya hal positif di media sosial. Sementara pandangan positif yang sehat mengakui keduanya merupakan aspek positif dan negatif dalam kehidupan, istilah yang berkembang di media social  yang popular  merujuk pada kepositifan menunjukkan bahwa pengguna lebih  memanfaatkan kepositifan dan lebih menghindari hal-hal negatif demi mendapatkan keuntungan pribadi.Dengan menggunakan desain dua studi dan multi-metode, Studi 1 didesain dalam literatur manajemen citra untuk secara konseptual dan operasional mendefinisikan toxic positivity intentions (TPI) yang dirasakan dapat mengukur kualitatif dan kuantitatif. Pelajaran 2 dari didesian dalam literatur norma deskriptif dan ikut-ikutan untuk menyelidiki peran TPI yang dirasakan pada perbandingan sosial ke atas dan digital perilaku presentasi diri. Hasil Studi 1 menunjukkan solusi lima faktor terhadap persepsi TPI di media sosial. Hasil Studi 2 menunjukkan bahwa hubungan antara (sebagian besar) dimensi persepsi TPI dan presentasi diri palsu di media sosial secara signifikan dimediasi oleh perbandingan sosial ke atas. Pada studi ini merupakan metode mengamati mengapa orang percaya orang lain untuk menggunakan hal positif ketika memposting di media sosial dan dampaknya terhadap perbandingan dan perilaku di media sosial di masa depan. Hasilnya menunjukkan bahwa orang-orang percaya bahwa orang lain mempunyai lima niat promosi utama diantaranya adalah  promosi diri yang tidak autentik, promosi diri yang jahat, promosi diri pribadi, promosi diri komersial, dan promosi positif. Studi kedua menunjukkan kapan orang percaya pada orang lain yang memiliki niat negatif di balik postingan positif, mereka cenderung mengalami lebih banyak perbandingan terhadap poster tersebut dan lebih banyak perilaku berbagai versi palsu tentang diri mereka sendiri.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-08-24

Cara Mengutip

Suwarno, A., Solihin, & Anisah Puspowati Harori, R. I. (2024). MANAJEMEN CITRA DIRI PENDEKATAN PERBANDINGAN SOSIAL KE ATAS DAN SALAH PRESENTASI DIRI. Jurnal Teknologi Informasi Dan Digital, 1(1), 91 - 105. Diambil dari https://banisalehjurnal.ubs.ac.id/index.php/tridi/article/view/25