https://banisalehjurnal.ubs.ac.id/index.php/tridi/issue/feed Jurnal Teknologi Informasi dan Digital 2025-01-10T03:48:14+00:00 Adhitya Ilham Ramdhani adhityair@gmail.com Open Journal Systems <p>TRIDI atau kepanjangan dari Teknologi Informasi dan Digital merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan berkala dua kali per tahun. Bulan Desember dan Juli oleh Universitas Bani Saleh. Makalah yang dapat dimuat dalam jurnal ini meliputi bidang keilmuan Informatika. Makalah dapat berupa ringkasan laporan hasil penelitian atau kajian pustaka ilmiah. Makalah yang dimuat hendaknya memenuhi format yang ditentukan. Bahasa yang digunakan pada jurnal ini adalah Bahasa Indonesia. Tanpa mengurangi bobot ilmiah, jurnal TRIDI menerima sumbangan tulisan yang belum pernah diterbitkan dalam media cetak lain.</p> https://banisalehjurnal.ubs.ac.id/index.php/tridi/article/view/34 RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI REGISTRASI ONLINE SUPPLIER MENGGUNAKAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT 2024-10-20T03:24:09+00:00 Riski Nurohman riskinurohman128@ubs.ac.id Rudi Budi Agung rudi@ubs.ac.id Marisa marisa@ubs.ac.id Ratna Rahmawati Rahayu ratna@ubs.ac.id Willy Adam willy@ubs.ac.id <p>Sistem registrasi online supplier yang terintegrasi dengan modul <em>Odoo Supply Chain Management</em> (<em>SCM</em>) dikembangkan untuk mengatasi kendala yang dihadapi dalam proses pendaftaran supplier yang sebelumnya dilakukan secara manual. Sistem ini tidak hanya mendigitalisasi proses registrasi, tetapi juga memperkenalkan tanda tangan digital pada output data supplier yang telah terdaftar dan disetujui oleh empat pihak terkait: <em>purchasing</em>, <em>procurement</em>, <em>finance</em>, dan manajer. Data supplier yang telah diverifikasi kemudian diekspor ke <em>Odoo</em> untuk memastikan integritas data tetap terjaga dan mendukung pengelolaan yang lebih efisien. Selain itu, sistem ini juga terintegrasi dengan modul <em>purchase order</em> dari <em>Odoo</em>, memungkinkan pengguna internal untuk mengelola data <em>purchase order</em> supplier secara efektif dan mendigitalisasi proses <em>approval</em>. Supplier juga diberikan akses untuk memantau status <em>purchase order</em> mereka secara <em>real-time</em>, meningkatkan transparansi dan komunikasi antara perusahaan dan supplier. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem yang dikembangkan telah berhasil memenuhi tujuan utama, yaitu meningkatkan efisiensi dan integritas dalam proses pendaftaran dan pengelolaan <em>supplier</em>. Dengan adanya integrasi ini, seluruh proses bisnis terkait registrasi dan <em>purchase order</em> dapat dikelola secara lebih efektif dan terkoordinasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa sistem yang dibangun telah mampu menjawab kebutuhan manajemen dalam mengelola data <em>supplier</em> dan <em>purchase order</em> secara digital dan terintegrasi dengan <em>Odoo SCM</em>, serta berpotensi untuk dikembangkan lebih lanjut sesuai kebutuhan bisnis di masa mendatang.</p> 2024-12-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Teknologi Informasi dan Digital https://banisalehjurnal.ubs.ac.id/index.php/tridi/article/view/36 IMPLEMENTASI ODOO ERP UNTUK MENDUKUNG SUPPLY CHAIN MANAGEMENT (SCM) PADA BENGKEL AAC MOTORS 2024-10-24T22:27:11+00:00 Satria satria@ubs.ac.id Celine Vidiana Mukti celine.vidianam@gmail.com Rudi Budi Agung rudi@ubs.ac.id Marhakim marhakim@ubs.ac.id Widiyawati widiyawati@ubs.ac.id <p><em>One important strategy used to increase the efficiency of ongoing business processes is by using applications that can integrate all departments and their functions, known as Enterprise Resource Planning (ERP). AAC Motors Workshop is a business operating in the automotive sector and still relies on conventional business system activities such as bookkeeping and recording reports manually. So, owners often experience difficulties when they need to report data on incoming and outgoing goods, and there are often discrepancies in the amount of goods data in the records with the existing physical stock. This puts additional pressure on the supply chain (supply chain management) on business processes, where this pressure is not a current target, but is dynamic and continuous. By using Odoo ERP to implement supply chain management (SCM), it can provide a solution to problems experienced in the company's business process activities, purchasing admins who can monitor the AAC Motors workshop business can easily control, schedule and collect product inventory data more efficiently. Rapid application development (RAD) is a method or model of software development process with a short, short and fast development cycle so that this method is suitable for implementing Odoo ERP at the AAC Motors workshop.</em></p> 2024-12-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Teknologi Informasi dan Digital https://banisalehjurnal.ubs.ac.id/index.php/tridi/article/view/38 PENERAPAN MACHINE LEARNING MENGGUNAKAN ALGORITMA RANDOM FOREST UNTUK PREDIKSI HARGA MOBIL BEKAS 2024-10-30T06:29:55+00:00 Belinda Eka Sarah Dewi belinda@ubs.ac.id Sandy Haikal SANDYHAIKAL226@ubs.ac.id H.S. Sulistyowati sulis@ubs.ac.id Rina Fitriani rina@ubs.ac.id Domo Pranowo Kuswandono domo@ubs.ac.id <p>Perkembangan teknologi informasi telah membawa dampak signifikan dalam berbagai sektor industri, termasuk sektor otomotif. Salah satu aspek yang semakin menarik perhatian adalah prediksi harga mobil bekas. Dalam studi ini, algoritma <em>Random Forest</em> digunakan untuk memprediksi harga mobil bekas berdasarkan data historis. Faktor-faktor seperti model mobil, tahun produksi, kapasitas mesin, jarak tempuh, transmisi, bahan bakar, dan wilayah dimasukkan ke dalam model untuk meningkatkan akurasi prediksi. Aplikasi prediksi ini dikembangkan dalam bentuk <em>WebApp</em>, memudahkan pengguna untuk memasukkan parameter mobil dan memperoleh hasil prediksi. Hasil pemodelan&nbsp; menunjukkan bahwa model mampu menjelaskan 90% variabilitas harga berdasarkan input pengguna. Dengan demikian, model ini dapat menjadi acuan berguna bagi penjual dan pembeli mobil bekas dalam menetapkan harga yang sesuai dengan kondisi pasar. Aplikasi ini memberikan wawasan tentang faktor-faktor yang memengaruhi harga mobil bekas dan potensinya dalam membantu pengambilan keputusan. Teknologi <em>Machine Learning</em> terbukti efektif dalam menangani kompleksitas pasar otomotif yang dinamis, memberikan prediksi harga yang lebih akurat dibandingkan metode tradisional.</p> 2024-12-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Teknologi Informasi dan Digital https://banisalehjurnal.ubs.ac.id/index.php/tridi/article/view/39 PENERAPAN ALGORITMA FIRST COME FIRST SERVE DALAM OPTIMALISASI PENANGANAN KELUHAN PELANGGAN 2024-11-03T14:15:27+00:00 M Hadi Prayitno hadi.prayitno@dsn.ubharajaya.ac.id Rasim rasim@dsn.ubharajaya.ac.id Anida Nurmalisa 202010225137@mhs.ubharajaya.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan pada PT. Industri Kreatif Digital (PT. IKADA) melalui pengembangan sistem helpdesk yang terintegrasi. Sebelumnya, perusahaan mengandalkan WhatsApp sebagai sarana utama untuk menerima dan merespon pengaduan pelanggan, namun metode ini memiliki beberapa kelemahan seperti kurangnya sistematisasi dan potensi hilangnya data. Penelitian ini mengadopsi metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan pengembangan sistem Waterfall dan algoritma First Come First Served (FCFS) untuk mengatur antrian pengaduan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem helpdesk yang dikembangkan berhasil meningkatkan efisiensi dalam penanganan pengaduan, memberikan transparansi kepada pelanggan, dan menyediakan data yang lebih akurat untuk pengambilan keputusan. Sistem ini juga telah diterima dengan baik oleh pengguna, sebagaimana ditunjukkan oleh hasil pengujian black-box dan User Acceptance Test (UAT). Implementasi sistem helpdesk ini memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan kualitas layanan pelanggan PT. IKADA dan dapat menjadi rujukan bagi perusahaan lain yang menghadapi tantangan serupa dalam mengelola pengaduan pelanggan. Penelitian ini menyarankan agar sistem terus dikembangkan dengan menambahkan fitur-fitur baru dan dilakukan evaluasi secara berkala untuk memastikan keberlanjutan dan efektivitasnya.</p> 2024-12-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Teknologi Informasi dan Digital https://banisalehjurnal.ubs.ac.id/index.php/tridi/article/view/44 PREDICTING MATHEMATICS LEARNING BEHAVIOR IN ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS: A MACHINE LEARNING PERSPECTIVE 2024-11-28T01:30:52+00:00 Sjaeful Irwan Irwan sjaeful@ubs.ac.id Henny Noviana Lubis henynovianalubis@gmail.com <p><em>In the digital era, understanding students' learning behavior is crucial for improving the quality of education. This research employs machine learning algorithms to predict elementary students' mathematics learning behavior based on their learning activity data, such as problem-solving time, success rate, and interaction patterns in technology-based learning. By leveraging the Random Forest algorithm, this study successfully identifies key factors influencing students' learning behavior.</em></p> <p><em>The study aims to predict the learning behavior of elementary students using the Random Forest algorithm, implemented on 6th-grade students from Class 6-B, SD Negeri Baru 01 Pagi Jakarta. Features including the number of problems solved, average solving time, success rate, and repetition frequency were utilized to build the prediction model. The results revealed that the model achieved 100% accuracy on test data. The developed Random Forest model demonstrated excellent performance in predicting students' learning behavior based on the available dataset features, with detailed findings as follows: (1) Average Solving Time contributed the most (35.78%) to the model's predictions; (2) Success Rate contributed 32.57%, indicating that students' success in solving problems is a significant factor in predicting learning behavior; (3) Repetition Frequency accounted for 20.46%, reflecting how students' persistence in repeating exercises impacts learning behavior predictions; and (4) Number of Problems Solved had the lowest contribution (11.19%), suggesting that this feature has a smaller impact compared to others.</em></p> <p><em>The findings provide valuable insights for educators to design more effective learning strategies, including personalized interventions for students at risk of low motivation.</em></p> 2024-12-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Teknologi Informasi dan Digital https://banisalehjurnal.ubs.ac.id/index.php/tridi/article/view/51 IMPLEMENTASI PANGKALAN DATA PASANG SURUT AIR TERINTEGRASI SENSOR PREASSURE DENGAN TEKNOLOGI TELEMETRI 2024-11-29T08:29:31+00:00 Carudin carudin@ubs.ac.id Belinda Eka Sari belinda@ubs.ac.id Marisa marisa@ubs.ac.id <p>Pasang surut air laut adalah fenomena penting yang memengaruhi berbagai aktivitas, seperti navigasi maritim, pembangunan pesisir, dan mitigasi bencana. Teknologi sensor pressure dan telemetri telah mempermudah pengukuran dan pengiriman data pasang surut secara otomatis. Namun, pengelolaan data yang efektif masih menjadi tantangan untuk memastikan data dapat dimanfaatkan secara optimal. Penelitian ini mengembangkan aplikasi pangkalan data yang terintegrasi dengan sensor pressure yang pengiriman datanya melalui telemetri. Aplikasi ini dirancang dengan fitur utama meliputi pengorganisasian data yang terstruktur, pencarian cepat, dan visualisasi data dalam bentuk grafik atau tabel. Antarmuka berbasis web juga dikembangkan untuk memungkinkan akses real-time oleh berbagai pengguna, termasuk otoritas pelabuhan, lembaga mitigasi bencana, dan peneliti. Pengujian menunjukkan bahwa aplikasi ini mampu mengelola data dengan efisien, memastikan aksesibilitas tinggi, dan mendukung analisis tren pasang surut. Implementasi aplikasi ini tidak hanya meningkatkan efisiensi sistem monitoring pasang surut, tetapi juga memberikan kontribusi signifikan bagi pengelolaan wilayah pesisir dan pengambilan keputusan berbasis data.</p> 2024-12-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Teknologi Informasi dan Digital https://banisalehjurnal.ubs.ac.id/index.php/tridi/article/view/59 PENERAPAN METODE EXTREME PROGRAMMING UNTUK PENYEWAAN TEMPAT BERBASIS WEB PADA WISATA HUTAN BAMBU BEKASI 2025-01-06T13:31:41+00:00 Gian Fitragana giangana@ubs.ac.id Sekar Wulandari sekar@ubs.ac.id Budi budi@ubs.ac.id <p>Wisata Hutan Bambu Bekasi adalah destinasi wisata populer di Bekasi, Jawa Barat, yang menawarkan keindahan alam yang menyegarkan. Terdapat banyak tempat untuk berkumpul yang disebut ‘saung bambu’. Wisatawan bisa menggunakan saung tersebut dengan menyewanya. Namun, sistem penyewaan tempat belum teroptimalkan, dan informasi tentang destinasi ini belum tersebar secara optimal khususnya di wilayah Bekasi dikarenakan hanya menggunakan beberapa media sosial yang masih memiliki keterbatasan. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem informasi penyewaan tempat berbasis <em>website</em> yang dapat membantu meningkatkan aksesibilitas informasi, mengoptimalkan proses penyewaan tempat/saung dan mempermudah pihak pengelola tempat wisata dalam mengelola laporan data penyewaan. Metode yang digunakan adalah <em>extreme programming</em>, dan sistem yang dirancang menggunakan HTML, Bootstrap, <em>framework</em> Laravel, bahasa PHP, dan <em>database</em> MySql. Hasil akhir dari penelitian ini akan berupa sistem informasi penyewaan tempat pada wisata Hutan Bambu Bekasi berbasis <em>website</em>.</p> 2024-12-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Teknologi Informasi dan Digital https://banisalehjurnal.ubs.ac.id/index.php/tridi/article/view/60 PENGAMANAN AKSES JARAK JAUH JARINGAN INTERNET RUMAH DENGAN TEKNOLOGI VPN BERBASIS VPS 2025-01-07T02:11:50+00:00 Domo Pranowo Kuswandono domo@ubs.ac.id Zaenal Mutaqin Subekti zaenalms@ubs.ac.id <p>Teknologi informasi dan komunikasi data berbasis internet telah berkembang dengan pesat.&nbsp; Akses dan pemanfaatannya berkembang untuk melakukan transfer data tanpa harus memiliki IP public sendiri (dedicated) terhadap server fisik di rumah. Dengan berkembangnya sistem komputasi awan (virtual cloud system) dibutuhkan&nbsp; akses data jarak jauh yang aman. Sedangkan untuk mengakses jaringan yang ada dirumah dibutuhkan IP public. IP Public yang diberikan ISP (Internet Service Provider) kepada pelanggan pribadi biasanya menggunakan IP public dinamic sehingga tidak mudah untuk melakukan akes koneksi yang tetap. Mempertimbangkan hal diatas&nbsp; perlu adanya jalur khusus yang digunakan untuk mengamankan data yang penting atau bersifat pribadi melalui jaringan internet dengan IP public stastis, melalui pemanfaatkan teknologi VPS (virtual Private server) untuk membangun jalur pribadi rumah. Dalam penelitian ini penulis memanfaatkan jenis komunikasi virtual ini memanfaatkan teknologi VPS untuk mendapatkan IP Public statis yang akan&nbsp; digunakan antara perorangan dengan media internet. Dalam tulisan ini akan diulas aspek-aspek implementasi pengendalian sumber daya jaringan rumah dengan akses&nbsp; jarak jauh dengan memanfaatkan Virtual Private Server (VPS), Virtual private network L2TP (VPN)&nbsp; dan router yang ada di komputasi awan, Cloud Hosted Router (CHR) untuk memanfaatkan IP Public static. Sehingga mempermudah mengontrol dan mengatur jaringan sebagai solusi jaringan rumah pintar (smart home) untuk komunikasi jarak jauh yang aman meskipun hanya memiliki IP Public dinamic.</p> 2024-12-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Teknologi Informasi dan Digital https://banisalehjurnal.ubs.ac.id/index.php/tridi/article/view/52 RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI E-COMMERCE MULTI PRODUK UNTUK KEPERLUAN INDUSTRI MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER DENGAN METODE WATERFALL 2024-12-20T04:16:38+00:00 Ratna Rahmawati Rahayu ratna@ubs.ac.id Budi budi@ubs.ac.id Yudi Agung Nugroho yudiagungnugroho@stmik-banisaleh.ac.id Andrean Budi Setyanto andreanbudi23062001@gmail.com <p>Perusahaan yang bergerak dalam bidang penyediaan sarana, prasarana dan jasa perdagangan dengan basis distribusi peralatan industri, peralatan kesehatan, peralatan keamanan dan jasa, serta menggunakan <em>marketplace</em> untuk memperluas pasarnya. Perusahaan ini memanfaatkan sistem informasi meskipun belum terintegrasi dengan baik antara satu sistem dengan sistem lainnya. Oleh karena itu di penelitian akan merancang suatu bentuk sistem informasi dengan tujuan untuk membantu mengembangkan proses pemasaran dan meningkatkan jumlah penjualan dengan menggunakan <em>e-commerce</em> berbasis website yang diharapkan dapat memudahkan suatu perisahaan dalam mengolah data agar lebih menghemat waktu dan tenaga. Dalam merancang dan mengembangkan sistem ini menggunakan <em>framework CodeIgniter</em> dengan bahasa pemrograman mengunakan <em>Hypertext Prepocessor (PHP)</em> dan <em>MySQl </em>sebagai <em>database management system</em>. Adapun alat yang digunakan untuk menggambarkan alur data dalam sistem, yaitu menggunakan <em>Unified Modelling Language (UML)</em> dan menggunakan metode <em>Waterfall</em> sebagai perancangan sistem.</p> 2024-12-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Teknologi Informasi dan Digital https://banisalehjurnal.ubs.ac.id/index.php/tridi/article/view/61 PENERAPAN METODE FIRST COME FIRS T SERVED (FCFS) PADA RANCANG BANGUN APLIKASI PEMESANAN WEDDING ORGANIZER BERBASIS WEB 2025-01-07T09:18:19+00:00 Marisa marisa@ubs.ac.id Siti Chodijah city.chodijah26@gmail.com Aidah Hami aidah@ubs.ac.id Adhitya Ilham Ramdhani adhityair@gmail.com Ramdani ramdani@ubs.ac.id <p>Perkembangan teknologi informasi telah memberikan dampak yang signifikan dalam berbagai bidang, termasuk industri pernikahan. Digitalisasi proses pemesanan layanan dan produk pernikahan menjadi kebutuhan yang mendesak untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan aplikasi pemesanan wedding organizer berbasis web yang&nbsp; menggunakan&nbsp; metode <em>First Come First Served &nbsp;</em>(FCFS). Sistem ini dirancang untuk membantu Havana Wedding dalam mengelola pemesanan produk pengantin seperti baju pengantin, dekorasi, dan aksesoris melalui platform web. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menjelajahi berbagai produk pengantin yang tersedia, melihat detail produk, dan melakukan pemesanan secara online. Selain itu, sistem ini juga mendukung proses pembayaran yang aman dan pengaturan jadwal pengantaran produk. Dengan implementasi metode FCFS, setiap permintaan pemesanan akan ditangani sesuai urutan kedatangannya, memastikan keadilan dan keteraturan dalam layanan. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis kebutuhan pengguna, perancangan sistem, implementasi, dan evaluasi aplikasi. Teknologi yang digunakan mencakup PHP, MySQL, dan <em>Bootstrap </em>untuk pengembangan aplikasi web. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi yang dikembangkan berhasil meningkatkan efisiensi pengelolaan pemesanan produk pengantin dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan. Implementasi sistem informasi berbasis web ini juga memastikan keamanan data pelanggan dengan menggunakan teknologi enkripsi canggih dan sistem manajemen database yang efisien. Dalam pengujian, aplikasi ini menunjukkan kemampuan untuk memfasilitasi pemesanan layanan wedding organizer dengan lebih efektif dan efisien. Diharapkan, dengan adanya sistem informasi ini, Havana Wedding dapat meningkatkan kualitas layanan dan kepuasan pelanggan. Saran untuk pengembangan lebih lanjut adalah penambahan fitur pesan dan peningkatan keamanan tambahan untuk sistem. Aplikasi ini juga diharapkan dapat dijangkau oleh lebih banyak konsumen dan mempermudah pengguna dalam merencanakan pernikahan mereka.</p> 2024-12-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Teknologi Informasi dan Digital https://banisalehjurnal.ubs.ac.id/index.php/tridi/article/view/62 PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN SPP BERBASIS WEB PADA SMK PENERBANGAN BAKTI NUSANTARA KABUPATEN BEKASI 2025-01-09T07:25:00+00:00 Adhitya Ilham Ramdhani adhityair@gmail.com Ishak Husin ishakhusin2@gmail.com Dedi Suryadi kangdedi@gmail.com Sabar Hanadwiputra sabar@ubs.ac.id Dimas Adytia Putra dimasadytiaputra08@gmail.com <p>Berkembangnya teknologi yang sangat pesat menumbuhkan berbagai sarana untuk mendapatkan informasi dengan mudah dan cepat. Perkembangan teknologi dan informasi berjalan begitu cepat dan pesat, seperti perkembangan internet (website), komputer, teknologi telekomunikasi, dan lain-lain. Pembayaran SPP pada SMK Penerbangan Bakti Nusantara Kabupaten Bekasi masih sering mengalami kendala seperti pendataan serta proses informasi pembayaran yang dilakukan secara manual dimana laporan rekaman masih menggunakan buku besar sehingga membuat pekerjaan menjadi terbengkala dan menghabiskan banyak waktu serta tenaga bagian keuangan dalam pencarian data siswa serta pengarsipannya. Pada era teknologi saat ini perlu adanya inovasi penggunaan teknologi dalam dunia pendidikan untuk membantu administrasi keuangan sekolah agar pendataan serta proses informasi Pembayaran berjalan dengan efektif dan efesien. Dalam karya tulis ilmiah ini akan membahas tentang perancangan sistem informasi pembayaran SPP berbasis web.</p> <p>&nbsp;</p> 2024-12-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Teknologi Informasi dan Digital https://banisalehjurnal.ubs.ac.id/index.php/tridi/article/view/63 RANCANG BANGUN INFRASTRUKTUR WEB SERVER BERBASIS DOCKER PADA UBUNTU SERVER 2025-01-09T08:45:46+00:00 Zaenal Mutaqin Subekti zaenalms@ubs.ac.id Kikim Mukiman kikim@ubs.ac.id Subandri andrisubandri@ymail.com Muhamad Lutfi Sulthon Auliya Sulistyono lutfisulistyono@gmail.com Roni Eka Putra roni.ekaputra13@gmail.com <p>Kebutuhan akan infrastruktur teknologi informasi yang efisien, fleksibel, dan skalabel semakin meningkat, Salah satu teknologi yang memberikan solusi terhadap kebutuhan ini adalah docker container. Web server merupakan komponen vital dalam penyediaan layanan berbasis web, seperti hosting situs web, aplikasi web, dan API. Ubuntu Server 22.04 dapat dikolaborasi dengan docker cointainer sehingga dapat menyediakan konterisasi untuk kebutuhan web server seperti nginx. Dari hasil pengujian akses ke web server semua pengguna dapat mengakses ke web server dengan berhasil dan hasil pengujian tes koneksi dari lima pengguna hanya pengguna dari smartphone yang mendapatkan akses lambat dengan maksimal akses mencapai 82,5ms dan akses paling cepat didapatkan kurang dari 1ms, sehingga perlu dilakukan pengujian lebih banyak lagi untuk mendapatkan hasil pengujian yang opimal terhadap akses web server, dengan ada nya docker container pada sistem operasi ubuntu server 22.04 dapat memberikan kemudahkan dalam membangun sebuah web server dengan melakukan perintah docker pull sehingga sangat memudahkan pengguna dalam melakukan perancangan web server pada ubuntu server.</p> 2024-12-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Teknologi Informasi dan Digital https://banisalehjurnal.ubs.ac.id/index.php/tridi/article/view/64 PENERAPAN FACE RECOGNITION UNTUK MODEL SMART LOCK DOOR BERBASIS IOT 2025-01-09T09:11:10+00:00 Muhamad Nur mnur@ubs.ac.id H.S. Sulistyowati sulis@ubs.ac.id Alif Nurrohman nurrohmanalif1@gmail.com <p>Keamanan menjadi salah satu aspek utama dalam lingkungan perumahan, yang memotivasi pengembangan teknologi pengenalan wajah dan kunci pintu pintar berbasis Internet of Things (IoT). Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem kunci pintu pintar yang menggunakan teknologi pengenalan wajah dengan algoritma Haar Cascade Classifier dan perangkat ESP32, serta mengevaluasi tingkat akurasi dan kinerja sistem. Sistem ini diuji dalam berbagai kondisi pencahayaan dan jarak deteksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem dapat mengenali wajah dengan akurasi yang cukup baik pada jarak 40 cm hingga 100 cm, dengan penurunan akurasi yang signifikan pada kondisi pencahayaan yang buruk. Secara keseluruhan, sistem mencapai akurasi rata-rata 85%, menunjukkan bahwa teknologi ini dapat meningkatkan keamanan rumah dengan kinerja yang baik dalam berbagai kondisi.</p> 2024-12-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Teknologi Informasi dan Digital https://banisalehjurnal.ubs.ac.id/index.php/tridi/article/view/65 RANCANG BANGUN MANAJEMEN SISTEM PELAYANAN ONLINE NOTARIS & PPAT MENGGUNAKAN METODE PRIORITY SERVICE BERBASIS WEB 2025-01-09T09:27:01+00:00 Haryono haryono@ubs.ac.id Adi Nugraha adinugraha@ubs.ac.id <p>Pelayanan di kantor notaris membutuhkan kelengkapan dokumen pendukung, seperti KTP, foto, kartu keluarga, dan dokumen lain sesuai jenis surat yang diajukan. Namun, sering terjadi pelanggan datang dengan dokumen yang belum lengkap, sehingga mengakibatkan keterlambatan proses pembuatan akta. Tidak adanya sistem pengelolaan dokumen menyebabkan kesulitan bagi petugas dalam menyusun prioritas pelayanan secara adil. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan sebuah sistem yang mampu mempermudah validasi dokumen, memberikan informasi terkait kelengkapan syarat kepada pelanggan, dan mendukung pencetakan invoice setelah proses selesai.Sistem layanan berbasis web dengan metode Priority Service (PS) menjadi solusi yang diusulkan. Metode ini memprioritaskan pelanggan dengan dokumen lengkap atau kebutuhan mendesak, tanpa mengabaikan urutan kedatangan. Studi kasus dilakukan pada kantor notaris Hj. Wiwik Rowiyah Suparno, S.H., M.Kn., dengan tujuan merancang dan membangun sistem manajemen pelayanan online yang efisien dan terstruktur. Sistem ini dirancang untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan dokumen, meminimalkan kesalahan, dan memberikan pengalaman layanan yang lebih baik kepada pelanggan.Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi model standar layanan berbasis teknologi di kantor notaris, sekaligus mendorong penerapan sistem serupa oleh pihak lain dalam bidang pelayanan hukum. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi, sistem ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas dan kecepatan pelayanan.</p> 2024-12-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Teknologi Informasi dan Digital https://banisalehjurnal.ubs.ac.id/index.php/tridi/article/view/66 RANCANG BANGUN LAYANAN REPOSITORI INSTITUSI MENGGUNAKAN EPRINTS DENGAN TEKNOLOGI TUNNELING (STUDI KASUS: UNIVERSITAS BANI SALEH) 2025-01-10T02:27:40+00:00 Subandri andrisubandri@ymail.com Adhitya Ilham Ramdhani adhityair@gmail.com Zaenal Mutaqin Subekti zaenalms@ubs.ac.id Kikim Mukiman kikim@ubs.ac.id Ilham Fani Ramadhan ilhamfani202@ubs.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem repositori institusi di Universitas Bani Saleh menggunakan Eprints dan teknologi tunneling OpenVPN untuk meningkatkan &nbsp;visibilitas, aksesibilitas,&nbsp; dan &nbsp;keamanan&nbsp; karya ilmiah. &nbsp;Di &nbsp;era &nbsp;digital &nbsp;saat ini, pengelolaan karya ilmiah menjadi tantangan signifikan bagi perguruan tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka, yang mencakup analisis mendalam mengenai repositori institusi, aplikasi Eprints, dan teknologi tunneling VPN. Metode PPDIOO diterapkan dalam pengembangan sistem, dengan EPrints berfungsi sebagai platform untuk pengelolaan karya ilmiah &nbsp;dan &nbsp;OpenVPN &nbsp;untuk &nbsp;menyediakan&nbsp; koneksi terenkripsi&nbsp; yang&nbsp; aman.&nbsp; Hasil &nbsp;penelitian menunjukkan bahwa EPrints terbukti berhasil dalam meningkatkan pengelolaan karya ilmiah dan aksesibilitas, dengan fitur dashboard yang memudahkan administrasi dan pemantauan status karya ilmiah, sementara OpenVPN menyediakan solusi akses jarak jauh yang aman dan terenkripsi, meningkatkan keamanan data dan konektivitas pengguna. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan sistem repositori digital yang efektif dan aman serta menawarkan panduan praktis bagi institusi pendidikan untuk menerapkan teknologi serupa guna meningkatkan keamanan dan aksesibilitas data ilmiah.</p> 2024-12-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Teknologi Informasi dan Digital https://banisalehjurnal.ubs.ac.id/index.php/tridi/article/view/67 RANCANG BANGUN APLIKASI RESTORAN MENGGUNAKAN METODE FEATURE DRIVEN DEVELOPMENT 2025-01-10T03:30:31+00:00 Ariyanto Fajarudin ariiyantofajarudin02@gmail.com Rahmadi rahmadifaisal@gmail.com Belinda Eka Sarah Dewi belinda@ubs.ac.id <p>Industri restoran saat ini mengalami pertumbuhan yang cepat seiring perubahan gaya hidup masyarakat yang semakin cepat dan signifikan. Meningkatnya harapan pelanggan terhadap kualitas layanan serta kemudahan akses terhadap apapun telah membuat pelaku usaha mengubah strategi untuk menerapkan teknologi informasi sebagai cara untuk meningkatkan efisiensi operasional dan kepuasan pelanggan. Dalam hal ini, penerapan aplikasi berbasis web sangat diperlukan karena memungkinkan integrasi yang lebih fleksibel dan efisien dalam pengelolaan restoran. Aplikasi dengan model ini memberikan kemudahan bagi pemilik usaha dalam mengatur segala hal terkait operasional, seperti manajemen pesanan hingga penyediaan informasi untuk pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi restoran berbasis web dengan menggunakan metode <em>Feature Driven Development</em> (FDD). Metode ini digunakan karena menawarkan pendekatan yang terstruktur dan fokus pada pengembangan fitur-fitur utama yang dibutuhkan oleh restoran. Dengan fokus utamanya pada fitur-fitur penting, aplikasi diharapkan dapat memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik, mudah, dan efisien dalam pengelolaannya. Selain itu, penerapan <em>Content Management System</em> (CMS) pada aplikasi ini memberikan kemudahan bagi pengguna non-teknis dalam mengatur fitur aplikasi secara mandiri tanpa harus bergantung pada pengembang. Aplikasi yang dihasilkan dari penelitian ini dilengkapi dengan fitur-fitur penting seperti pengelolaan stok, menu, pemesanan, dan sistem <em>Point of Sale</em> (POS). Dengan adanya fitur-fitur ini, pemilik restoran dapat memantau serta mengatur operasional restoran secara real-time dan menyediakan layanan yang lebih responsif terhadap kebutuhan pelanggan. Metode FDD yang diterapkan dalam pengembangan aplikasi ini diharapkan dapat mempercepat proses pengembangan dan memastikan kualitas aplikasi yang dihasilkan tetap terjaga. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi restoran berbasis web dengan penerapan CMS yang siap digunakan, dengan fitur-fitur utama yang dimaksimalkan untuk memudahkan pengelolaan dan meningkatkan kualitas layanan pada restoran. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi pengembangan teknologi di industri restoran, khususnya dalam hal penggunaan metode pengembangan aplikasi perangkat lunak yang lebih terstruktur dan efisien. Dengan demikian, aplikasi ini tidak hanya memberikan solusi bagi pemilik bisnis restoran, tetapi juga menambah literatur dan praktik pengembangan aplikasi berbasis web di berbagai industri yang terus berkembang.</p> <p>&nbsp;</p> 2024-12-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Teknologi Informasi dan Digital https://banisalehjurnal.ubs.ac.id/index.php/tridi/article/view/68 SISTEM INFORMASI PPID BERBASIS WEBSITE PADA PENGADILAN NEGERI RANGKASBITUNG KELAS II 2025-01-10T03:48:14+00:00 Panca Indah Lestari pancaindahlestari@ubs.ac.id Kresno Murti Prabowo kresnomurti1991@gmail.com <p>Perkembangan teknologi dan informasi saat ini sangat pesat dan tidak mengenal sector apapun, dalam hal ini kebutuhan akan informasi yang serba cepat dan tepat memungkinkan informasi yang diperoleh kapan saja dan dimana saja. Informasi merupakan kebutuhan pokok setiap orang bagi pengembangan pribadi dan lingkungan sosialnya serta merupakan bagian penting bagi pertahanan nasional. Oleh sebab itu perlu adanya suatu sistem yang terhubung agar bisa menjadi media yang mempermudah masyarakat untuk mendapatkan informasi-informasi yang mereka butuhkan. Berdasarkan observasi yang saya lakukan di staff bagian Perencanaan TI dan Pelaporan Pengadilan Negeri Rangkasbitung Kelas II mengenai masalah yang ada pada PPID atau Informasi Publik yaitu belum ada sistem yang mempermudah masyarakat untuk mengetahui informasi yang diinginkan. Sistem informasi yang dimiliki sekarang antara lain Website Utama Pengadilan dan SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara). Metode pengembangan sistem yang digunakan yaitu Waterfall. Alat bantu analisis dan perencanaan yang digunakan yaitu Unified Modeling Language (UML). Bahasa pemrograman dan database yang digunakan yaitu Page Hypertext Preprocessor (PHP) dan MySQL. Serta pengujian menggunakam metode Blackbox Testing.</p> 2024-12-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Teknologi Informasi dan Digital