SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PAKET UMROH UNTUK CALON JAMAAH DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)

PADA (Study Kasus : PT AMANAH UMROH HANDAL)

Authors

  • Rifky Aditia Politeknik Piksi Input Serang
  • Yudiansyah Fauzi Politeknik Piksi Input Serang
  • Rizki Ripai Politeknik Piksi Input Serang
  • Nana Sofiana Politeknik Piksi Input Serang
  • Zubeida Meilany Politeknik Piksi Input Serang
  • Kresno Murti Prabowo Politeknik Piksi Input Serang

Keywords:

Sistem Pendukung Keputusan Paket Umroh, Sistem Pendukung Keputusan Paket Umroh Menggunakan Metode AHP dan SAW, Analytical Hierarchy Proccess (AHP) dan Simple Additive Weighting (SAW)

Abstract

Wisata religi atau menunaikan ibadah umroh dianggap telah menjadi tren baru bagi masyarakat Indonesia dalam menghabiskan masa liburan panjangnya. Hal ini dibuktikan dengan semakin meningkatnya jumlah muslimin yang melaksanakan ibadah umroh dari tahun ke tahun. PT Amanah Umroh Handal merupakan sebuah situs website dan aplikasi yang menerapkan marketplace model yang menyediakan paket umroh dari berbagai travel umroh yang sudah terpercaya dan bekerjasama, banyaknya pilihan paket umroh, calon jamaah kesulitan untuk mendapatkan paket umroh yang sesuai kebutuhan. Salah satu cara untuk membantu calon jamaah umroh dalam menentukan keputusan yang tepat untuk memilih paket umroh yang telah disediakan oleh PT Amanah Umroh Handal adalah dengan menerapkan sebuah sistem pendukung keputusan (SPK). SPK dimaksudkan untuk menjadi alat bantu bagi para pengambil keputusan untuk memperluas kapabilitas namun tidak untuk menggantikan penilaian dan memberikan dukungan langsung pada permasalahan dengan menyediakan alternatif pilihan Maka dari itu penulis membuat penelitian yang berjudul “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Paket Umroh untuk Calon Jamaah Umroh Dengan Metode Analytical Hierarchy Proccess Dan Simple Additive Weighting (SAW) pada (Study Kasus : PT Amanah Umroh Handal)”. Hasil perhitungan metode AHP-SAW memberikan rekomendasi kepada calon jamaah umroh untuk memilik paket umroh regular yang paling cocok, karena memiliki nilai tertinggi 0.907, rekomendasi kedua yaitu paket umroh regular dengan nilai 0.871, rekomendasi ketiga yaitu paket umroh plus turki dengan nilai 0.855. Diharapkan prototype dari model tersebut bisa membantu PT. Amanah Umroh Handal untuk menerapkan sistem pendukung keputusan dalam merekomendasi paket umroh untuk calon jamaah.

Downloads

Published

2023-12-18

How to Cite

Aditia, R., Fauzi, Y., Ripai, R., Sofiana, N., Meilany, Z., & Murti Prabowo, K. (2023). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PAKET UMROH UNTUK CALON JAMAAH DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW): PADA (Study Kasus : PT AMANAH UMROH HANDAL). Jurnal Teknologi Informasi Dan Digital, 1(1), 56 - 75. Retrieved from https://banisalehjurnal.ubs.ac.id/index.php/tridi/article/view/6