STRATEGI DEEP LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Zayda Zafirah Universitas Bani Saleh
  • Muhammad Andrian Wijaya Universitas Bani Saleh
  • Hadi Rohyana Universitas Bani Saleh

Keywords:

Strategi Deep Learning, Sekolah Dasar, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan strategi deep learning terhadap hasil belajar siswa di tingkat sekolah dasar melalui pendekatan studi literatur. Strategi deep learning mengacu pada pendekatan pembelajaran yang menekankan pemahaman konseptual yang mendalam, keterkaitan antar konsep, serta pengembangan kemampuan berpikir kritis dan reflektif siswa dalam proses belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dengan menelaah berbagai hasil penelitian terdahulu yang diperoleh melalui sumber-sumber terpercaya seperti Google Scholar, SINTA, dan referensi akademik lainnya. Hasil tinjauan menunjukkan bahwa penerapan strategi deep learning secara konsisten memberikan dampak positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa, khususnya dalam hal pemahaman konseptual, keterampilan berpikir tingkat tinggi, serta keterlibatan aktif dalam pembelajaran. Studi studi yang dianalisis juga menunjukkan bahwa strategi ini mendorong pembelajaran yang lebih bermakna dan relevan dengan kebutuhan pembelajar abad ke-21. Dengan demikian, hasil penelitian ini merekomendasikan agar guru di tingkat sekolah dasar mulai mengintegrasikan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa dan berorientasi pada pemahaman mendalam untuk membangun fondasi pengetahuan yang kuat sejak dini.

Published

2025-06-19

How to Cite

Zafirah, Z., Andrian Wijaya, M., & Rohyana, H. (2025). STRATEGI DEEP LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR. JOEBAS: Journal of Education Bani Saleh , 1(1), 36-45. Retrieved from https://banisalehjurnal.ubs.ac.id/index.php/fip_jurnal_pgsd/article/view/95