STRATEGI PEMBELAJARAN DEEP LEARNING DALAM MENGEMBANGKAN RASA INGIN TAHU SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Khailla Falsya Dewindri Universitas Bani Saleh
  • Amanda Halimahtu Sa’diah Universitas Bani Saleh
  • Maspupah Universitas Bani Saleh

Keywords:

Deep Learning, Strategi Pembelajaran, Inquiry-Based Learning, Siswa SD

Abstract

Pendidikan di tingkat sekolah dasar (SD) memegang peran krusial dalam menumbuhkan rasa ingin tahu siswa, yang menjadi fondasi bagi pembelajaran sepanjang hayat. Namun, metode pembelajaran konvensional seringkali kurang efektif dalam memicu keingintahuan siswa, sehingga diperlukan pendekatan inovatif seperti deep learning. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pembelajaran berbasis deep learning dalam mengembangkan rasa ingin tahu siswa SD, dengan fokus pada penerapan teknik-teknik seperti inquiry-based learning, problem-based learning, dan eksplorasi mandiri. Metode penelitian menggunakan studi literatur dengan menganalisis berbagai sumber teoritis dan empiris terkait deep learning serta pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi deep learning mampu menciptakan lingkungan belajar yang mendorong siswa untuk aktif bertanya, mengeksplorasi, dan mengkonstruksi pengetahuan secara mandiri. Simpulan dari penelitian ini mengungkap bahwa integrasi deep learning dalam kurikulum SD dapat meningkatkan rasa ingin tahu siswa melalui pendekatan yang berpusat pada siswa, kolaboratif, dan kontekstual. Implikasi dari temuan ini merekomendasikan guru untuk mengadopsi metode deep learning dengan memanfaatkan teknologi dan sumber daya yang interaktif, sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik dan bermakna bagi siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan strategi pembelajaran modern yang berfokus pada pengembangan keterampilan kognitif dan afektif siswa di tingkat dasar

Published

2025-06-19

How to Cite

Falsya Dewindri, K., Halimahtu Sa’diah, A., & Maspupah. (2025). STRATEGI PEMBELAJARAN DEEP LEARNING DALAM MENGEMBANGKAN RASA INGIN TAHU SISWA SEKOLAH DASAR. JOEBAS: Journal of Education Bani Saleh , 1(1), 18-25. Retrieved from https://banisalehjurnal.ubs.ac.id/index.php/fip_jurnal_pgsd/article/view/93